3rd Bali Orthodontic Conference and Exhibition and 7th National Congress of Indonesian Association of Orthodontics

Ullasan ini agak sedikit terlambat, karena penyelenggaraannya di bulan Juni, 18-21,2008 namun tak ada salahnya dibahas mengingat banyak materi menarik yang tersaji. Seminar yang bertempat di Bali Padma Hotel berupa even tahunan yang selalu diselenggarakan di Bali (karena permintaan pembicara), beberapa materinya mengupas tentang perkembangan ilmu ortodontik. Ilmu Ortodontik sendiri merupakan ilmu yang berkembang pesat di bidang Kedokteran Gigi mengingat estetik semakin diperhatikan. Seiring dengan demand pasien terhadap perawatan ortodonsi, perkembangan teknik mempercantik wajah dengan merubah susunan gigi geligi serta rahang ini juga mengalami peningkatan.

Beberapa materi yang penting yang disajikan pada seminar ini yaitu antara lain The Loco Motion Orthodontics Mechanics Series Smart Moves oleh Gerald S.Samson,DDS,ORT dari USA. Topik tersebut mengetengahkan tentang pendekatan sederhana dalam memahami ilmu klinis ortodontik mengenai momentum, kekuatan, couple, dan keseimbangannya dikaitkan dengan beberapa kasus klinik overbite yang dalam, reverse the curve of spee, dan penggunaan self-ligating twin orthodontic sehingga dapat mempercepat waktu perawatan pada pasien. Presentasinya sangat komunikatif dan unik dalam menjawab berbagai permasalahan yang ditanyakan peserta.

Materi menarik lainnya adalah Cutting Edge in Orthodontic Treatment oleh Chris Chang,DDS.PhD. Ahli Fisiologi tulang ini mengetengahkan mengenai penggunaan sistem Damon dan skrew pada tulang sebagai anchorage menawarkan banyak sekali keuntungan antara lain karena bentuknya yang kecil, mudah dikendalikan pada saat pembedahan, invasifnya minimal, resikonya kecil serta biayanya bisa ditekan.
Selain itu ,Prof Vincent G Kokich,DDS, MSD dari USA mempresentasikan mengenai Interdiciplinary Management of Anterior Esthetic Dilemmas : When, Why, How. ini mencoba mengupas keterkaitan orthodontist, periodontist, surgeons, and restorative dentist dalam menentukan hubungan estetik pada gigi geligi dan rahang.

Selain seminar, scientific program yang ditawarkan yaitu Hands on, presentasi poster, serta ekhibisi.Hands on pada seminar kali ini disajikan oleh drg Erwin Siregar Sp Ort dan drg Jusuf Sjamsudin Sp Ort mengenai Miniscrew Implant for Orthodontics : beberapa tipe mengenai mini implant orthodontic dan bagaimana pengaruhnya pada jaringan tulang, indikasi dan kontraindikasi, manajemen mini implant orthodontic dan berbagai problemnya. Selain itu hands on lainnya oleh dokter ganteng Vittorio Cacciafesta,DDS,MSDc,PhD dari Italia mengenai Changes in the Treatment Mechanics by the Implementation of Self Ligating Systems. Hands on yang ditawarkan lagi mengenai impacted teeth, deep Bite Correction, Post Extraction space closure, serta Torque Management.

Presentasi posternya itu sendiri diikuti oleh 23 peserta dari dalam dan luar negeri. Dari dalam negeri terdapat poster dari Univ. Indonesia, Univ Sumatera Utara,Univ.Padjajaran, RS Harapan Kita Jakarta, Univ Hang Tuah Surabaya (ehem...), Univ Airlangga, serta luar negeri berasal dari Jepang, United Kingdom, dan Malaysia. Terpilih poster terbaik tahun ini yaitu dari Univ Hang Tuah dengan judul Comparison Peer Assessment Rating Index and Index of Treatment Complexity, Outcome, and Need for Orthodontic Treatment Outcome oleh Arya Brahmanta, Bambang Sucahyo, dan saya sendiri...hehehe.Plok plok plok. Sedangkan untuk poster terbaik kedua yaitu dari Malaysia, Ibrahim S Taib dengan judul Root Resorption and Alveolar Bone Loss Following Orthodontic Treatment-a preliminary study. Kemenangan ini terasa membahagiakan dan membanggakan bagi kami  karena ini merupakan keikutsertaan kami pertama pada even tahunan ini. Selain itu kami mempersiapkannya dalam waktu singkat ( biasa....kalo gak kepepet gak jadi...hehehe).
                                                         Depan poster pemenang
Hanya sayang, pada acara pengumuman poster kami tidak dapat menghadiri (karena tidak ada pemberitahuan sebelumnya kalau kita memenangkan) karena harus mempersiapkan penampilan kami pada malam welcome dinner and Cultural Night. Pada malam itu seluruh program pendidikan spesialis Ortodonsi FKG se Indonesia berlomba dan bersaing mempersembahkan penampilan panggungnya. Dari Unair (karena Hang Tuah tidak memiliki program pendidikan spesialis mempersembahkan tarian Lenggang surabaya, dan penampilan terbaik malam itu diraih oleh Univ. Padjajaran yang dengan cantiknya mempersembahkan parodi yang berjudul Kawat-Kawat Cinta (hehehe...mentang2 orthodontist).
Dan pastilah ada pertanyaan : di Bali, acara jalan2nya? hohoho.......
gak mungkin terlewat,.......................Selain yang ditawarkan oleh panitia : Sukawati art market, Bali Bird Park, Tanah Lot, beberapa tempat wajib dikunjungi seperti Garuda Wishnu Kencana, Pulau penyu en pastinya....Kuta yang merupakan surga belanja dan surga pantai....

5 comments:

  arielz

Saturday, December 06, 2008

first comment at first post nehh,
welcome to the blogosphere dok, moga makin cantik ajah, loh ga nyambung yah, hehehe

  http://aryabrahmanta.blogspot.com/

Wednesday, December 10, 2008

wah,musti bayar royalti ke arya nih,coz ada foto arya disini...ha..ha..ha.. Comment,ehm bagus",aku seneng karna mb.Nungki jadi ada kerjaan utk update blognya,daripada kegiatan lain yg ndak jelas ;p (...peace mbak...)

  NoeNgki PraMesWaRi

Thursday, December 11, 2008

@Arielz : makasiy beraattt ya....bakal kurepotin terus niy.....jangan bosen ya....u are the best

@Arya : bayar pake senyum manis aja ya....Kegiatan lain yang gak jelas?? (belanja maksudnya...hehehe)

  http://ummul-orthodonti.blogspot.com

Friday, January 09, 2009

Selamat bekerja, Bu Dokter Gigi! Salam, dan senyum selalu..! :-)

http://ummul-orthodonti.blogspot.com

  NoeNgki PraMesWaRi

Monday, February 09, 2009

Terimakasih Ummul, sehat dan cerah harimu

Post a Comment