Biomekanik Pergerakan Gigi Ortodontik

Prinsip pergerakan gigi
Syarat gigi dapat digerakkan :
1. Harus ada tempat dimana gigi akan digerakkan
2. Harus ada kekuatan yang optimal dengan arah yang benar dalam menggerakkan gigi
3. Jaringan periodonsium gigi harus baik
Syarat ini harus diperhatikan supaya gigi-geligi dalam rahang dapat dirawat dengan baik pada perawatan ortodonsia. Karena tidak sedikit kasus-kasus maloklusi bertambah parah setelah dirawat dengan piranti ortodonsi.

Konsep pergerakan Gigi
Kekuatan yang diberikan pada mahkota gigi akan menyebabkan gigi akan berubah sedikit letaknya pada soket gigi. Kekuatan yang diberikan itu dapat mengakibatkan daerah tarikan dan tekanan pada gigi. Pada periode tertentu, soket gigi akan berubah dan gigi akan bergerak jauh dari soket gigi

Pergerakan Gigi Ortodontik tergantung dari :
A. Kekuatan Ortodontik meliputi :
1. Jenis kekuatan
2. Arah dan besaran kekuatan
3. Durasi kekuatan
B. Macam-macam Pergerakan Gigi
1. Pergerakan Tipping
2. Pergerakan bodily
3. Pergerakan rotasi
4. Pergerakan intrusi
5. Pergerakan ekstrusi
6. Pergerakan torque

Kekuatan yang akan diberikan harus direncanakan dengan benar. Kekuatan yang tidak benar dapat mengakibatkan reaksi-reaksi yang tidak diinginkan.
Perencanaan kekuatan harus memperhatikan gigi penjangkar dan kondisi jaringan periodonsium

Jenis kekuatan
1. Kekuatan kontinyu. Kekuatan terus menerus. Kekuatan yang kontinyu itu akan berhenti pada periode tertentu. Misal pada ekspansi rahang menggunakan coffin, kawat busur pada piranti ortodonsi cekat
2. kekuatan intermittent. Kekuatan yang berlangsung selama periode singkat. Kekuatan yang intermittent biasanya pada piranti ortodonsia lepasan. Misalnya : sekrup ekspansi

Arah dan besaran kekuatan serta durasi kekuatan
Pergerakan tipping dgn akar tunggal dan hialinisasi minimum : 25-40 gram dengan pergerakan paling sedikit 1 mm / bulan
Mempunyai nilai ambang
- kekuatan di atas nilai ambang
- kekuatan dibawah nilai ambang hrs terus menerus
Kekuatan hrs cukup kecil spy tdk tjd hialinisasi dlm ligamen periodontal
- bodili : distribusi tekanan merata, memungkinkan tidak terjadi hialinisasi
- tipping : hialinisasi tjd di alveolar crest (tek maks), normal setelah 2-3 minggu
- kekuatan besar : daerah hialinisasi besar, gigi bergerak menjadi gigi goyang, hialinisasi berlanjut, tertundanya
   pergerakan gigi, kehilangan penjangkaran
Kekuatan yang diberikan untuk :
- pergerakan tipping : 50-75 gm
- pergerakan bodily : 100-150 gm
- pergerakan rotasi : 50-75 gm
- pergerakan ekstrusi : 50-75 gm
- pergerakan intrusi : 15-25 gm
- Durasi dari kekuatan adalah lamanya perawatan ortodonsia itu sendiri

Pergerakan tipping
- yaitu pergerakan gigi condong ke arah mesial, distal, bukal, atau lingual.
- Dihasilkan oleh karena pergerakan gigi lewat satu titik kontak antar pegas dengan gigi.
- Kekuatan yang diberikan bekerja pada satu titik pada mahkota gigi sehingga gigi akan bergerak miring /
   tipping dengan perputaran pada fulkrum
- pada pergerakan ini apeks akan bergerak kearah berlawanan dengan arah pergerakan
  mahkota
- Biasanya letak titik fulkrum berada 1/3 panjang akar dari apeks (30-40 %)
- Sehingga pada pergerakan ini yang dapat dikoreksi adalah kelainan letak gigi versi, pergerakan tidak bisa   
  diharapkan terlalu banyak

Pergerakan torque
- yaitu pergerakan tipping pada apeks gigi

Pergerakan bodily
- Gigi digerakkan secara menyeluruh (bodily)
- Perlu kekuatan tambahan untuk mengontrol posisi fulkrum

Pergerakan intrusi
- Pergerakan intrusi merupakan pergerakan gigi menjauhi bidang oklusal
- Pergerakan intrusi membutuhkan kontrol kekuatan yang baik
- Pada gigi permanen yang belum tumbuh sempurna, kekuatan yang diberikan terlalu ke  oklusal akan
   menyebabkan pergerakan intrusi
- Contohnya adalah peninggian gigit anterior pada kasus gigitan dalam .Insisif RB yang oklusi dg peninggian
  gigit tsb (tdk tepat tegak lurus) bergerak tiping dan intrusi. Gigi-gigi posterior menjadi tidak kontak. Tujuan 
  peninggian gigit anterior adalah mengurangi tumpang gigit dengan merangsang pertumbuhan gigi2 posterior
  dg prosesus alveolarisnya ke oklusal


Pergerakan ekstrusi
- Pergerakan menggerakkan gigi-gigi kearah oklusal
- Pergerakan ini digunakan pada kasus-kasus gigitan terbuka.
- Digunakan busur labial yang diletakkan lebih ke cervical supaya mendorong gigi-gigi ke oklusal

Pergerakan rotasi
- Koreksi gigi rotasi (derotasi)
- Menggunakan lebih dari satu macam kekuatan. Misalnya untuk rotasi gigi insisif RB digunakan 2 kekuatan
   yaitu busur labial pada sisi labial dan pegas Z pada sisi palatal
- Alat lepasan digunakan bila rotasi sedikit
- Rotasi banyak dengan alat cekat atau kombinasi alat cekat & alat lepas

9 comments:

  Anonymous

Wednesday, December 10, 2008

Dok, bagus banget skrg mahasiswa2 udah bisa lihat kuliahnya di internet. moga-moga makin mewabah blog2 para dokter supaya makin lancar aja studi-nya karena akhirnya ada akses belajar online. Terus berkarya ya dok!! =D

  Anonymous

Thursday, December 11, 2008

Baru tahu Noengki punya blog baru...gitu dong. Tahu nggak, anak-anakku mau diajak ke dokter gigi karena dokter giginya cewek, diajak main dulu, menyikat gigi boneka, lama-lama mau duduk di kursi dokter gigi....
Itu saat mereka masih usia TK...

  NoeNgki PraMesWaRi

Thursday, December 11, 2008

@Anonymous :iya, keliatannya para dosen musti juga ngikut perkembangan tekhnologi, supaya belajar menjadi semakin mudah, eh...kritik dan sarannya terus ditunggu ya...
(btw kenapa anonymous siy.....aku kan bukan dosen yang doyan ngecing....hehehe)

@Ibu Edratna
Waahhh...seneng sekali dapat kunjungan dari ibu. Memang kok bu ke dokter gigi itu buat sebagian besar orang (termasuk saya hihihi)merupakan hal yang menyeramkan. Dokter gigi musti pintar berkomunikasi, menarik dan meyakinkan agar pasien mau dirawat. Tapi anak-anak ibu sekarang sudah gak takut lagi kan bu...

  Yoga

Saturday, December 13, 2008

Nung, sampai umur berapa gigi berhenti bergerak? Teringat jika ada gigi yang tanggal, jika letaknya dibawah, maka gigi yang diatas bisa bergeser ke arah bawah, sedangkan gigi yang di kanan kiri akan bergeser ke arah geraham yang kosong, betul kan? Nah, kalau nggak pakai gigi palsu/ di bracing sekalian, apa proses pergerakan ini bisa dihentikan?

  NoeNgki PrAmeSwaRi

Saturday, December 13, 2008

Yoga, critical thinkingmu oke banget... Seumur hidup gigi dapat bergerak. Hanya pergerakannya paling baik pada usia pertumbuhan dan terus menurun pada usia tua. Gigi bisa bergerak kearah yang kosong. Jadi jika gigi dicabut, dan tidak diganti oleh gigi palsu maka gigi lawan atau gigi yang dibelakangnya akan cenderung bergeser kearah yang kosong. Hal itu karena proses dinamik dalam mulut (misal : pengunyahan) berlangsung seumur hidup.

Kalo gigi dipasang braket (perawatan ortodontik)gunanya untuk meratakan gigi. Jadi memang perlu pencabutan untuk gigi2 yang hendak diratakan karena berdesakan.

  Anonymous

Sunday, September 13, 2009

Dok, maaf bs saya tanya...
sbenarnya ambang daya pergerakan gigi tuh brp? apa beda utk jaringan lunak dan keras?

  Today's dialogue

Thursday, October 22, 2009

Tentu berbeda nilai ambang untuk pergerakan pada jaringan lunak dan keras.....untuk gigi saja, butuh sekitar 25-40 gr untung pergerakan tiping 1 akar dan 50-75 gr untuk gigi berakar lebih dari satu....jaringan lunaknya? pasti angka tekanan yang dibutuhkan lebih kecil dari itu

  Anonymous

Wednesday, October 27, 2010

dok mau tanya nih.....
perbedaan tekanan tensile n tekanan compresive ait apa?

  Anonymous

Saturday, April 16, 2011

dok tolong tanya.
1. apakah setiap perawatan ortho memerlukan pencabutan gigi?
2. bagaimana dengan pasien yang merasa TMJ-nya berbunyi atau kadang tersangkut setelah melakukan perawatan?apakah hal itu akan hilang dengan sendirinya atau apakah hal itu justru merupakan akibat dari kesalahan pemasangan braket?

trims.

Post a Comment